Loading...

Planet Venus: Pengertian, Ciri/Karakteristik, Gambar, Struktur dan Penjelasan Lengkap

Advertisement
Telah kita ketahui bahwa galaksi terdiri atas berjuta-juta bintang dengan segala bentuk dan strukturnya, salah satu di antara bintang tersebut adalah matahari kita, yang mempunyai anggota keluarga yang membentuk suatu susunan yang disebut tata surya. Satu tata surya terdiri atas satu matahari dan benda-benda angkasa yang beredar mengelilinginya.

Tata surya kita dikelilingi delapan planet-planet termasuk planet bumi yang kita tempati ini. Berdasarkan jarak lintasannya dalam mengelilingi matahari, planet dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut.
 Planet Dalam yaitu planet yang lintasannya di antara Bumi dan Matahari, yaitu planet Merkurius dan planet Venus.
 Planet Luar yaitu planet yang lintasannya mengelilingi matahari lebih jauh dari Bumi, yaitu planet Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Beberapa hal yang penting mengenai planet adalah sebagai berikut.
1. Planet-planet tidak memiliki cahaya sendiri, cahaya itu berasal dari matahari yang dipantulkan kembali, planet tidak berkelip-kelip, tetapi berkilauan.
2. Lintasan planet beredar mengelilingi Matahari berbentuk elips.
3. Arah peredaran planet-planet sama.
4. Planet ada yang mempunya satelit ada yang tidak.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, ciri-ciri atau karakteristik, struktur, gambar dan penjelasan lengkap mengenai planet Venus yang termasuk golongan planet dalam apabila ditinjau dari jarak lintasannya mengelilingi matahari. Silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut.
Pengertian Planet Venus
Kata “Venus” diambil dari nama dewi cinta atau dewi kecantikan dalam mitologi Romawi. Kenapa diambil dari nama dewi cinta? Hal ini dikarenakan planet Venus merupakan benda langit tercerah di langit malam setelah bulan. Venus merupakan planet inferior dengan sudut elongasi mencapai 47,8o. Kecerahan maksimal planet ini dapat dilihat segera sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, sehingga disebut bintang fajar atau bintang senja.
Planet Venus: Pengertian, Ciri/Karakteristik, Gambar, Struktur dan Penjelasan Lengkap
Planet Venus dikenal dalam bahasa Arab dengan Zuhara dan dalam bahasa Sanskerta disebut Sita. Venus merupakan planet yang letaknya paling dekat ke Bumi, yaitu sekitar 42 juta km, sehingga dapat terlihat jelas dari Bumi sebagai suatu noktah kecil yang sangat terang dan berkilauan menyerupai bintang pada pagi dan senja hari.

Venus sering disebut sebagai bintang kejora pada saat planet Venus berada pada posisi elongasi barat dan bintang senja pada saat planet Venus berada pada posisi elongasi timur. Kecemerlangan planet Venus disebabkan pula oleh adanya atmosfer berupa awan putih yang menyelubunginya dan berfungsi memantulkan cahaya matahari.

Ukuran dan massa Venus mirip dengan Bumi. Diameter Venus berukuran sekitar 1.100 km, sedangkan diameter Bumi sekitar 12.725 km. Massanya kurang lebih 4/5 massa Bumi. Kepadatan Venus sekitar 9/10 dari kepadatan planet Bumi. Venus mungkin terbit 4 jam sebelum matahari terbit dan mungkin terbenam 4 jam setelah matahari terbenam.

Venus berputar mengelilingi matahari dalam 225 hari dalam orbit yang hampir sirkuler. Pada saat berputar, Venus berotasi pada sumbunya selama 243,1 hari dari timur ke barat bukan dari barat ke timur seperti sebagian besar benda-benda langit lainnya. Berikut ini adalah ilustrasi perbedaan arah rotasi antara planet Bumi, Uranus, dan Venus.
arah rotasi antara planet Bumi, Uranus, dan Venus
Planet Venus berotasi sedikit miring terhadap bidang orbitnya. Venus selalu diliputi awan-awan yang sangat tebal, dari banyaknya awan tersebut, dapat dipastikan bahwa Venus mempunyai atmosfer yang amat tebal/pekat yang mengandung banyak uap air, karbon dioksida, dan juga oksigen.

Suhu di permukaan Venus adalah sekitar 480oC, cukup panas untuk melebur logam seperti timbal, aluminium, dan seng. Sekitar 95% atmosfer di Venus terdiri atas karbon dioksida, sedangkan oksigen, hidrogen, nitrogen, neon, dan amoniak jumlahnya sangat sedikit. Uap air hanya ada dalam jumlah yang sangat kecil, yaitu kurang dari 1% dari jumlah total berat udara.
Info Geografi
Efek rumah kaca Venus
Dalam atmosfer Venus, panas terkurung oleh CO2 di dalam dan di bawah lapisan awan asam belerang. Sebagian besar sinar matahari memantul dari lapisan awan luar. Bagian kecil yang diserap oleh permukaan Venus dipancarkan kembali sebagai panas. Atmosfer CO2 menyerap dan menahan panas ini sehingga permukaan tetap panas di malam hari. Malam Venus berlangsung selama empat bulan Bumi karena planet itu berputar sangat lambat dalam selimut awannya yang berbadai.

Ciri-Ciri Planet Venus
Secara umum, ciri-ciri atau karakteristik planet Venus adalah sebagai berikut.
Atmosfernya tebal karena banyak awan debu yang menyelimutinya sehingga sulit diselidiki.
Albedo (sifat warna putih) yang besar, disebabkan karena banyak awan.
Di dalam atmosfer ditemukan gas asam arang yang besar dan belum ditemukan uap air.
Ukuran Venus sebesar bumi.
Satu tahun di Venus sama dengan 225 hari di Bumi.
Temperatur siang hari 100oC, temperatur lapisan awan di malam hari -23oC, jadi tidak ada makhluk hidup di sana.
Rotasinya (perputaran pada poros atau sumbunya) berlawanan dengan planet lainnya, dan lama rotasinya adalah 244 hari.
Revolusi (perputaran mengelilingi matahari) lamanya adalah 224,7 hari.

Struktur Planet Venus

Struktur planet Venus yang akan kita uraikan di sini meliputi permukaan, lapisan dalam, medan magnet, serta atmosfer dan iklim. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Permukaan Planet Venus
Permukaan Venus terdiri dari daratan yang sebagian besar terbentuk dari hasil aktivitas vulkanik. Keberadaan sulfur di atmosfer menunjukkan bahwa telah terjadi banyak letusan gunung berapi. Sekitar 80% permukaan dari Venus terdiri dari daratan vulkanik, dari 80% tersebut, 70% nya merupakan daratan kasar berkerut dan 10% merupakan daratan yang halus dan berkerut. Sedangkan 20% permukaan lain merupakan dua benua dataran tinggi, yaitu :
 Benua Utara yang disebut Ishtar Terra, ukurannya sedikit lebih besar dari Australia. Gunung tertinggi yang terletak di planet ini yaitu Maxwell Montes terletak di Ishtar Terra.
 Benua Selatan yang juga dikenal dengan Aphrodite Terra. Permukaannya dipenuhi dari rangkaian rekahan dan patahan yang kemungkinan besar disebabkan aktivitas vulkanik di planet tersebut. Pada permukaannya Venus mempunyai lebih banyak gunung berapi dibandingkan bumi, terdapat 167 gunung berapi besar yang lebarnya dapat mencapai 100 km. Diameter kawah yang ditemukan di planet Venus juga bervariasi antara 3 km hingga 280 km.

Lapisan Dalam Planet Venus
Masih belum banyak data yang menunjukan bagaimana sebenarnya struktur dalam planet ini. Dari kemiripan planet Venus dengan bumi, dapat dikatakan bahwa mereka mungkin mempunyai struktur dalam yang sama, yaitu terdiri dari Inti, mantel dan Kerak Bumi. Karena Venus dan Bumi mendingin pada laju yang sama, maka inti Venus juga cair. Ukuran Venus yang sedikit lebih kecil dari bumi menunjukkan bahwa tekanan bagian dalam Venus lebih lemah daripada bumi.

Sedangkan Kerak yang tidak mempunyai air, membuat Venus sangat kuat dibandingkan bumi, hal ini membuat ketiadaan tektonik lempeng di Venus, dan memperlambat pendinginan Venus. Seluruh permukaan Venus mempunyai suhu yang bersifat isotermal, artinya planet tersebut mempunyai suhu yang konstan, tidak hanya antara siang dan malam, tetapi juga di setiap penjuru planetnya.

Medan Magnet Planet Venus
Venus mempunyai medan magnet permukaan yang lemah tetapi tidak mempunyai medan magnet internal. Ketiadaan medan magnet internal ini cukup mengejutkan karena sistem kerja Venus dengan bumi sangat mirip. Medan magnet internal berasal dari dinamo yang terletak pada inti.

Dinamo membutuhkan tiga hal, cairan konduktif, rotasi dan konveksi. Venus mempunyai cairan konduktif dan juga berotasi, jadi kemungkinan besar ia tidak mempunyai dinamo karena tiak adanya konveksi di inti Venus.

Di bumi, Konveksi berlangsung di lapisan luar inti yang cair, sedangkan di Venus peristiwa pelapisan kembali secara global mungkin telah menghentikan tektonika lempeng dan menyebabkan berkurangnya fluks panas di kerak Venus. Oleh karena itu tidak ada geodinamo internal yang mampu menghasilkan medan magnet.

Atmosfer dan Iklim Planet Venus
Venus mempunyai atmosfer yang sangat padat, atmosfer ini terdiri dari 96,5 % Karbon dioksida dan 3,5 % Nitrogen. Massa atmosfernya 93 kali lebih besar daripada atmosfer bumi, sedangkan tekananya 92 kali lebih besar daripada tekanan di permukaan bumi.

Atmosfer Venus menghasilkan efek rumah kaca yang paling kuat di tata surya karena kaya dengan Karbon dioksida dan awan sulfur dioksida yang tebal. Selain itu, walaupun Venus letaknya lebih jauh dari matahari, tetapi Venus memperoleh 25% iradiansi yang diterima Merkurius. Hal ini juga yang membuat rata  rata suhu permukaan Venus sangat tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa miliaran tahun sebelumnya, atmosfer Venus lebih mirip dengan atmosfer bumi dibandingkan dengan yang sekarang, bahkan  mungkin dulunya terdapat air di permukaan Venus. Tetapi akibat efek rumah kaca yang berkelanjutan menyebabkan penguapan air dan menghasilkan gas rumah kaca di atmosfer.

Angin di Venus dapat mencapai kecepatan 300km/jam, 60 kali lebih cepat daripada rotasi Venus, sementara kecepatan angin terkencang di bumi hanya 10  20% lebih cepat dari rotasi bumi.

Fakta Menarik tentang Planet Venus
Berikut ini adalah beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Venus ini, silahkan kalian simak baik-baik uraiannya.
1. Tidak akan ada kehidupan di planet Venus
Pada planet ini tak akan ada yang namanya kehidupan, sebab Venus mengandung atmosfer dengan kandungan CO(Karbon dioksida) 97%,dan  nitrogen sekitar 3%. Dengan tidak adanya kandungan oksigen, maka tak akan ada makhluk hidup yang bisa hidup di planet ini.

2. Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari
Planet Venus memiliki jarak dengan matahari sekitar 108.200.000 km atau sebesar 0,72 AU. Adapun orbit dari planet Aphrodite (menurut mitologi Yunani) ini terletak antara orbit bumi dan Merkurius.

3. Venus disebut sebagai bintang sore
Venus merupakan planet dengan kedudukan lebih rendah dari planet bumi. Selain itu, Venus mampu mencapai tingkat kecerahan maksimal hingga sesaat sebelum terbitnya matahari maupun sesudah terbenamnya Matahari. Jadi, wajar jika Venus dijuluki sebagai Bintang Sore atau Bintang Fajar menurut budaya kuno.

4. Venus merupakan planet kembaran Bumi
Planet Bumi dan planet Venus mempunyai beberapa kemiripan. Venus memiliki ukuran mendekati bumi, yakni 95% dari ukuran bumi. Kedua planet ini juga mempunyai banyak komposisi senyawa kimia yang serupa dan hanya mempunyai beberapa kawah dengan usia relatif muda. Namun perbedaannya adalah Venus tak bisa dijadikan sebagai tempat kehidupan untuk makhluk hidup.

5. Venus merupakan planet terpanas
Planet Venus merupakan planet terpanas yang memiliki rata-rata suhu permukaan sekitar 735 K. Dengan begitu, semakin memperkuat alasan bahwa tak mungkin terjadi kehidupan d planet ini.

6. 1 hari di Venus lebih panjang daripada 1 tahun
Ungkapan ini berdasarkan fakta bahwa Venus melakukan rotasi hingga 243 hari, berevolusi untuk mengelilingi matahari hingga 225 hari. Tak hanya itu saja, arah rotasi planet ini berlawanan dengan bumi. Hal inilah yang membuat matahari d planet ini terbit di arah barat dan tenggelam di arah timur.

7. Venus tidak memiliki satelit alam
Planet Venus pada faktanya tak memiliki satelit, layaknya planet bumi. Beberapa hal yang membedakannya dengan planet bumi adalah kurangnya air, suhu permukaan dan medan magnet yang lemah.

8. Lokasi di Venus menggunakan nama perempuan
Ada berbagai lokasi yang ada diplanet Venus yang dinamakan berdasarkan dari nama perempuan. Adapun nama-nama tersebut yang digunakan, di antaranya IshtarTerra, Atalanta Planitia, LaviniaPlanitia, GuineverePlanitia, LakshmiPlanum dan AphroditeTerra.

9. Venus tampak sangat tebal
Venus memiliki ukuran yang sangat tebal, sehingga membuatnya berputar secara perlahan. Diperlukan waktu yang lebih lama agar Venus bisa berputar atau berotasi pada porosnya. Venus merupakan planet satu-satunya yang melakukan perputaran searah dengan jarum jam. Berbeda halnya dengan planet-planet lain di tata surya yang berputar berlawanan arah jarum jam.

10. Venus merupakan planet misteri
Planet Venus disebut juga sebagai sebuah planet misteri, sebab tak satu pun teleskop yang dapat menembus pada lapisan atmosfer tebal. Planet ini ditutupi oleh awan yang tebal dan mengandung senyawa asam sulfat dan sulfur oksida. Venus hanya bisa diamati melalui pemetaan oleh radar.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Venus
https://www.kopi-ireng.com/2015/10/fakta-tersembunyi-planet-venus.html

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru