Loading...

Daftar Cabang-Cabang Ilmu Geografi Lengkap dari A-Z

Advertisement
Menurut Seminar Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) yang diadakan di kota Semarang pada tahun 1988, Geografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan gejala geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan. Yang dimaksud dengan gejala geosfer ialah gejala-gejala alam yang berhubungan dengan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.
 Litosfer, yaitu kulit bumi termasuk permukaan tanah.
 Hidrosfer, yaitu perairan darat dan perairan laut.
 Atmosfer, yaitu udara yang menyelimuti bumi.

Cabang-cabang dan ilmu penunjang geografi lengkap
Geografi mempunyai kajian ilmu yang sangat luas sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu pendukung yang erat kaitannya dengan geografi. Kajian geografi mempelajari bumi secara fisik, gejala sosial, teritorial, dan interaksi antarmanusia. Hal ini menjadi ciri geografi yang spesifik dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu pendukung geografi juga disebut sebagai cabang-cabang ilmu geografi. Berikut ini kami sajikan daftar cabang-cabang ilmu geografi lengkap dari A-Z dalam bentuk tabel.

A

Aeronomi
Ilmu yg berhubungan dng kondisi fisik dan kimia dr atmosfer di bagian atas, terutama perubahan-perubahan yg terjadi sbg akibat radiasi ruang angkasa.
Antropogeografi
Cabang ilmu geografi yang mempelajari persebaran bangsabangsa di muka bumi dilihat dari sudut pandang geografis, disebut juga etnografi.
Antropologi
Ilmu yang mempelajari tentang manusia dan kebudayaannya.
Astronomi
Ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di luar atmosfer bumi, seperti matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa, baik sifat-sifat fisik, kimia, maupun gerakan sampai pada proses kejadian benda langit.
Astronomi
Ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar atmosfer bumi, misalnya, matahari, bulan, bintang, dan ruang angkasa.
B

Biogeografi
Ilmu yang mempelajari penyebaran organisme atau makhluk hidup dalam ruang dan waktu, serta faktor-faktor yang memengaruhi, membatasi atau menentukan pola penyebaran jarak.
Biologi
Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang makhluk hidup di permukaan bumi.
Biologi Laut
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang tumbuhan, binatang, mikroba atau biota, samudera dan interaksi ekologi diantara mereka.
Botani
Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang dunia tumbuhan dan persebarannya.
D

Demografi
Ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menyelidiki catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, migrasi, dan persebaran penduduk.
E

Edafologi
Ilmu yang mempelajari tentang kesuburan tanah. Edafologi merupakan bagian dari Ilmu Tanah yang mempelajari peran tanah yang berfungsi sebagai pendukung kehidupan makhluk hidup terutama pada tumbuhan.
Ekologi
Cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan antarorganisme dan antara organisme dengan lingkungan.
Etnografi
Ilmu yang mempelajari jenis ras (etnis) dan penyebaran bangsa-bangsa dilihat dari sudut geografis.
F

Fitologi (Geografi Tumbuhan)
Ilmu yang mempelajari persebaran tumbuhan di muka bumi dan kesesuaian tumbuhnya dengan kondisi iklim di bumi.
G

Geodesi
Cabang ilmu yang mempelajari mengenai pengukuran serta pemetaan permukaan bumi dan dasar laut.
Geofisika
Ilmu yang mengkaji sifat-sifat fisik bumi bagian dalam dengan metode teknik fisika, seperti mengukur gejala-gejala magnetik dan gaya berat.
Geografi Ekonomi
Cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari tentang ekonomi penduduk meliputi distribusi perekonomian penduduk yang dipengaruhi oleh kondisi alam.
Geografi Fisik
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang bentuk dan struktur permukaan bumi, yang mencangkup aspek geomorfologi dan hidrologi.
Geografi Historis
Cabang ilmu geografi yang mempelajari bumi ditinjau dari sudut sejarah dan perkembangannya.
Geografi Manusia
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang aspek sosial, ekonomi dan budaya penduduk.
Geografi Matematik
Cabang ilmu geografi yang dapat digunakan untuk memperlihatkan bentuk, ukuran, dan gerakan bumi, misalnya, lintang dan bujur geografi, meridian, paralel, dan luas permukaan bumi.
Geografi Penduduk
Cabang ilmu geografi yang mengkaji tentang penduduk dan kaitannya dengan pengaruh lingkungan hidupnya sehingga dapat menampilkan karakter dan sosial-budaya yang beraneka ragam.
Geografi Permukiman
Ilmu yang mempelajari tentang perkembangan permukiman di suatu wilayah di permukaan bumi, bentuk pola permukiman, faktor-faktor geografis yang mempengaruhi perkembangan dan pola permukiman. Cabang geografi ini erat sekali hubungannya dengan sejarah dan perekonomian suatu wilayah.
Geografi Politik
Cabang ilmu geografi yang secara khusus mempelajari tentang kondisi-kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.
Geografi Regional
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya geografi Asia tenggara dan geografi timur tengah.
Geografi Sosial
Ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan sosial. Sedangkan proses sosial adalah pengaruh timbal balik berbagai segi kehidupan bersama.
Geografi Tanah
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang tanah seperti sifat,genesis, penyebaran dan penerapannya terhadap kehidupan manusia.
Geografi teknik
Ilmu yang mempelajari cara-cara memvisualisasikan dan menganalisis data dan informasi geografis dalam bentuk peta, diagram, foto udara, dan citra hasil penginderaan jauh.
Geokimia
Cabang ilmu yang mempelajari tentang komposisi-komposisi kimia bagian dari bumi.
Geokronologi
Ilmu yang mempelajari tentang cara menentukan umur absolut bebatuan, sedimen dan fosil.
Geologi
Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi, dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alamiah perkembangannya.
Geologi Ekonomi
Cabang ilmu yang berhubungan dengan material bumi yang dapat berfungsi untuk tujuan ekonomi atau industri.
Geologi Laut
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang geologi dasar laut dan termasuk lempeng tektonik.
Geologi Lingkungan
Cabang ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya dan hidrogeologi yang diantaranya adalah miner, bahan bakar fosil, air dan tata guna lahan.
Geologi Rekayasa
Cabang ilmu geologi yang mempelajari penerapan praktek rekayasa sebagai tujuan untuk menjamin faktor-faktor geologi yang mempengaruhi lokasi , konstruksi, desain, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa yang sudah dipersiapkan dengan matang.
Geologi Sejarah
Ilmu yang mempelajari tentang rekonstruksi dan sejarah bumi dengan menerapkan prinsip-prinsip geologi. Geologi sejarah ini berfokus pada proses-proses geologi dan evolusi tumbuhan dan binatang selama waktu yang berbeda dalam skala waktu geologi.
Geologi Struktur
Ilmu yang mempelajari tentang distribusi serta susunan internal bebatuan dan permukaan secara tiga dimensi (3D).
Geomikrobiologi
Ilmu yang mempelajari tentang mempelajari interaksi mikroskopis dengan lingkungan anorganik yang bentuknys seperti batuan sedimen. Geomikrobiologi merupakan gabungan dari geologi dan mikrobiologi dan biasanya geomikrobiologi berhubungan dengan mikroorganisme yang dalam akuifer dan suplai air minum pada umumnya
Geomorfologi
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk permukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.
Glasiologi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat fisika dan kimia yang berasal dari es dan salju.
Groundwater Hidrologi
Merupakan cabang dari ilmu hidrologi yang secara khusus mempelajari tentang air tanah.
H

Hidrogeologi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang penyebaran dan pergerakan air di dalam tanah dan bebatuan yang berada di lapisan kerak bumi.
Hidrografi
Ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survei, serta pemetaan siklus air (tawar) yang ada di kerak bumi, baik yang berada di permukaan maupun yang ada di dalam kerak bumi, mencakup di dalamnya pola distribusi, sifat-sifat, dan karakteristik air.
Hidrologi
Ilmu yang mempelajari distribusi (penyebaran) air di permukaan dan di bawah permukaan tanah serta di udara.
Hidrologi Fluvial
Ilmu yang mempelajari tentang sungai.
Hidrometeorologi
Ilmu yang mempelajari kondisi air di udara.
I

Ilmu atmosfer
Cabang ilmu yang mempelajari tentang bagian gas dari bumi atau atmosfer yaitu diantara permukaan bumi sampai ke lapisan eksofer. Ilmu atmosfer memiliki cabang utama yaitu klimatologi, meteorologi dan aeronomi.
K

Kartografi
Ilmu tentang peta, baik teknis pembuatan, jenis maupun pemanfaatannya.
Kimia Atmosfer
Cabang ilmu yang mempelajari tentang kimia atmosfer bumi dan planet-planet lain. Dalam bidang multidisiplin atmosfer melibatkan fisika, meteorologi, kimia lingkungan, pemodelan komputer, geologi, oseanografi, vulkanologi dan bidang-bidang lainnya. Penelitian yang dilakukan berhubungan dengan bidang ilmu lain seperti klimatologi (cuaca).
Klimatologi
Ilmu yang mempelajari tentang kondisi rata-rata cuaca dan membahas berbagai macam iklim di seluruh dunia.
Kristalografi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang percobaan sains yang digunakan untuk menentukan susunan atom dalam zat padat (kristal).
L

Limnologi
Ilmu yang mempelajari tentang danau.
M

Meteorologi
ilmu yang mempelajari masalah atmosfer, misalnya, suhu, udara, cuaca, angin, dan berbagai sifat fisika dan kimia atmosfer lainnya.
Mineralogi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang proses pembentukan mineral, struktur kristal, sifat kimia dan sifat fisika mineral.
O

Oceanografi Fisika
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang ciri fisik samudera, seperti suhu, salinitas, ombak, pasang surut dan arus rekayasa laut.
Oceanografi Kimia
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang ilmu kimia samudera dan interaksi kimianya dengan atmosfer.
Oseanografi
Ilmu yang mempelajari tentang perairan laut dan isinya, antara lain, sifat-sifat air laut, terjadinya pasang surut, kedalaman, arus, geologi dasar laut, tumbuhan, binatang, serta hubungan antara laut dan atmosfer.
P

Paleontologi
Ilmu yang mempelajari tentang fosil-fosil dari bentuk kehidupan di massa purba yang berada di bawah lapisan-lapisan bumi.
Palinologi
Ilmu yang mempelajari tentang polinomorf dan fosilnya yang ada saat ini.
Pedologi (Ilmu tanah)
Ilmu yang mempelajari tanah-tanah secara keseluruhan, mencakup sifat fisik dan kimia tanah, struktur tanah, persebaran jenis tanah, dan sebagainya.
Penginderaan Jauh
Ilmu dan seni yang menghasilkan informasi mengenai objek, daerah, atau gejala. Dilakukan dengan menganalisis data yang diperoleh menggunakan alat. Tanpa adanya kontak langsung terhadap objek, daerah, atau gejala yang dikaji.
Petrologi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang bebatuan dan kondisi pembentukannya.
S

Sedimentologi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang terbentuknya lapisan tanah yang diakibatkan kerena pengendapan tanah oleh air (sedimentasi).
Sistem Informasi Geografis (SIG)
Merupakan sistem informasi berbasis komputer dimana dapat menyimpan, mengelola, memproses, menganalisis data geografis maupun nongeografis, serta menyediakan informasi dan grafis secara terpadu.
Sosiologi
Ilmu yang mempelajari tentang pola pergaulan manusia dalam masyarakat.
Stratigrafi
Cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang ilmu sejarah yang membahas komposisi dan umur relatif serta distribusi lapisan tanah dan interpretasi lapisasan-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah bumi.
V

Vulkanologi
Cabang ilmu yang mempelajari tentang gunung berapi, magma, lava serta fenomena geologi yang masih berkaitan.
Z

Zoogeografi (Geografi Hewan)
Ilmu yang mempelajari tentang binatang, baik tempat mereka hidup, berkembang, maupun persebarannya.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Materi Terbaru